Kamis, 17 September 2009

Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan

Mayoritas (82 persen) siswa SMP tak lulus try out ujian nasional. Dari empat mata pelajaran yang diujikan dalam Unas, Bahasa Inggris menjadi pelajaran yang paling banyak menjatuhkan nilai para peserta uji coba Unas yang dilakukan serentak oleh Dindik Surabaya. Nilai terendah Bahasa Inggris adalah 0,20. Bahasa Inggris menjadi momok bagi calon peserta Unas. Padahal, mereka telah mempelajari bahasa internasional sejak berada di bangku Sekolah Dasar, bahkan TK.



Murid-murid yang akan mengikuti Unas menganggap belajar Bahasa Inggris itu sulit karena ia memiliki susunan kalimat yang beda jika digunakan di waktu yang lain. Mereka juga tidak berani mengobrol dengan wisatawan asing jika kebetulan bertemu. Padahal, turis itu mengapresiasi murid yang berani berbicara dalam Bahasa Inggris walaupun tidak lancar.

Pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dianggap kaku dan monoton. Murid dipaksa menghafalkan 16 tenses, tanpa memahaminya. Jika ada kelas listening di lab, mereka hanya pasif mendengarkan dan kurang berani bertanya pada guru. Para siswa juga kesulitan menghafalkan kosa kata (vocabulary). Selain itu, jumlah murid setiap kelas terlalu besar. Kelas bahasa hanya boleh menampung maksimal 20 murid.

Bahasa Inggris sebenarnya mudah untuk dipelajari, asal Anda tahu triknya. Selain itu, senangilah Bahasa Inggris jika ingin menguasainya. Di dalam bukuFinancial Revolution, Tung Desem Waringin berkata bahwa manusia cenderung menjauhi hal yang dibencinya dan mendekati hal yang disukainya.

Langkah pertama belajar bahasa inggris yang menyenangkan adalah dengan mengetahui lima aspek dalam pembelajarannya, yaitu writing, listening, grammar, speaking, dan vocabulary. Belajar writing dapat dilakukan dengan menulis diarydalam Bahasa Inggris. Latihan ini sekaligus untuk mengecek kemampuan grammarAnda.

Pemahaman akan fungsi tenses dalam waktu tertentu lebih berguna daripada sekedar hafalan. Misalnya, kalimat Fandy went to Malang. Jika Anda memahamitenses, otomatis Anda mengenali kalimat ini sebagai simple past tense.

Gunakan Bahasa Inggris setiap hari di rumah dan di luar rumah untuk belajarspeaking. Di Pare, ada kursus yang mana seluruh peserta wajib berbicara menggunakan Bahasa Inggris, dan metode ini terbukti berhasil. Ikutilah klub bahasa Inggris. Jika Anda bertemu wisatawan asing, beranikan diri untuk mengobrol dengannya.

Kemampuan listening dan penambahan vocabulary dapat ditingkatkan dengan cara yang menyenangkan pula. Tonton film Hollywood dan simak dialog dari para aktor dan aktris. Catat kata baru yang Anda dapatkan dari teks terjemahan. Dengarkan lagu berbahasa inggris, cari teksnya, pelajari, dan jika bisa terjemahkan. Teks lagu tersedia gratis di internet. Sambil mendengarkan lagu, Anda dapat berlatih listening sekaligus menambah vocabulary.

Bahasa Inggris bukanlah momok bagi Anda. Gunakan cara belajar yang menyenangkan dan Anda akan menuai hasil yang menyenangkan pula.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar